Bekerja Di Awali Dengan Bismillah

BEKERJA DI AWALI DENGAN BISMILLAH

Internalisasi Makna Spiritualitas Kerja ...........

Assalamu'alikum sobat :)
pakabar mu hari ini .. sya do'ain semoga ya dalam lindungan ALLAH selalu ,, amin :)
kali ini saya akan membagikan tantang "BEKERJA DENGAN BISMILLAH"


Baik sobat langsung saja dengan judul hari ini yaitu "Bismillah Sebagai Spirit Kesempurnaan"
Bismillahirrahmanirrahim, 
dengan asma Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang...
Basmallah atau Bismillah adalah istilah bagi bacaan "Bismillahirrahmanirrahim" yang biasanya diterjemahkan "Dengan Asma Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang". Membaca Basmallah pada setiap aktivitas kehidupan merupakan pernyataan bahwa aktivitas yang akan dilakukan itu meng-atasnama-kan Allah yang Maha Pemurah dan Penyayang. Ketika seseorang membaca Basmallah saat memulainya membaca misalnya, maka berarti ia menyatakan bahwa aktivitas membaca itu dilakukan atas nama Allah yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang. Ketika sobat membaca Basmallah saat mulai bekerja, berarti sobat menyatakan bahwa pekerjaan yang sobat lakukan itu atas  nama Allah yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang. Pendek kata bahwa ketika seseorang memulai aktivitasnya dengan Basmallah berarti akivitas yang ia lakukan itu bukan atas nama dirinya sendiri, bukan untuk kepentingan diri sendiri, melainkan atas nama Allah yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang.


"Segala Aktivitas Kehidupan yang Baik, yang tidak diawali dengan Bismillahirrahmanirrahim tidak sempurna." (HR. Abu Dawud)

Rasulullah SAW, membimbing kita dengan sabda dan nasehat, "Segala aktifitas kehidupan yang baik, yang tidak diawali dengan Bissmillahirrahmanirrahim tidak sempurna".(HR. Abu Dawud). Memulai aktifitas kehidupan dengan bismillah, katakanlah ketika memulai bekerja, maka ungkapan bismillah itu sesungguhnya merupakan deklarasi "niat terbaik" bagi pekerjaan yang akan ia lakukan. Membaca bismillah di awal pekerjaan itu bermakna mengobarkan semangat akan melakukan pekerjaan yang ia niat kan itu dengan cara2 pelaksanaan kerja terbaik. Membaca Bissmillah ketika memulai pekerjaan juga bermakna deklarasi komitmen untuk memberikan hasil terbaik dari pekerjaan yang ia lakukan itu. 


"Memulai aktifitas kehidupan dengan bismillah, katakanlah ketika memulai bekerja, maka ungkapan bismillah itu sesungguhnya merupakan deklarasi "niat terbaik" bagi pekerjaan yang ia lakukan. Membaca bismillah diawal pekerjaan itu bermakna mengobarkan semangat akan  melakukan pekerjaan yang ia niatkan itu dengan cara2 pelaksaanaan kerja terbaik. "

Inilah makna "Sprirt Kesempurnaan Bismillah" yang terkandung di dalam sabda Rasulullah SAW tersebut sebagai pemenuhan sebuah idealisme tertinggi seseorang yang harus menjamin bahwa segala aktifitas hidupnya adalah "persembahan ibadah" kepada Allah SWT.
Allah Rabbul 'Alamin itu Maha Baik dan berhak hanya berkenan menerima yang terbaik dari ibadah seluruh makhluk. Tidak mungkin Rasulullah menyatakan bahwa setiap pekerjaan yang tidak diawali dengan Basmallah akan cacat (tidak sempurna), jika Basmallah ini tidak mengandung spirit kesempurnaan. Membaca Basmallah pada setiap kali akan melakukan aktifitas merupakan spirit "menjadikan Allah sebagai pangkal tolak bagi aktifitas yang dilakukan,. Spirit inilah yang akan menjadikan nilai tambah sebuah pekerjaan, pekerja, pekerjaan dan hasilnya. 

"Jika spirit kerja dari Basmallah dapat tertanam pada seorang pekerja, maka pada saatnya akan membuahkan hasil kerja yang maksimal. Dengan  demikian pekerjaan itu menjadi sempurna dari aspek nilai ibadah maupun hasil fisiknya. Membaca Bismillahirrahmanirrahim di awal pekerjaan juga bernilai tarbiyatun nafsi (melatih jiwa) tawadlu' bagi seorang pekerja.

Wassalam sobat dari artikel hari ini semoga menyenangkan :)
Berita Terlaris :

Terlaris:

Ini Kode Smiley Untuk Komentar Blogger Ya Sob Bukan Facebook


:a :b :c :d :e :f :g :h :i :j :k :l :m :n :o :p :q :r :s :t

0 Response to "Bekerja Di Awali Dengan Bismillah"

Post a Comment

Luangkan Waktu Sobat Untuk Mengisi Kotak Komentar Di Bawah Ini Agar Blog Ini Terus Maju :D
========
[-]No Spam
[-]No Sara
[-]No Porn
=========
[c] Admin Pujangga