Laporan Medan Magnet



Pendahuluan


            
Assalamu'alaikum sobat !!!
sebelum nya ne saya uda pernah membuat tentang sebuah laporan ,,,,
jadi temen ane neh sibuk dia gak tau ngapain lagi ntuk membuat,a laporan,, ntah dia gak bisa atau malas membuat ,,,, hehe
jadi pujangga kasih neh laporan nya Medan Magnet....
dan akhir nya hahaha pass saya tanya lagi katanya ud di kumpulin tuh laporan nya ,,,
adapun demikian semoga bermanfaat bagi sobat2 ku yang sedang kunjung :)




ok langsung saja ke TKP !!!

       Arus mengalir melalui sepotong kawat membentuk suatu medan magnet (M) disekeliling kawat. Medan tersebut terorientasi menurut aturan tangan kanan. Medan magnet, dalam ilmu Fisika, adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakan muatan listrik (arus listrik) yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya. Putaran mekanika kuantum dari satu partikel membentuk medan magnet dan putaran itu dipengaruhi oleh dirinya sendiri seperti arus listrik; inilah yang menyebabkan medan magnet dari ferromagnet "permanen". Sebuah medan magnet adalah medan vektor: yaitu berhubungan dengan setiap titik dalam ruang vektor yang dapat berubah menurut waktu. Arah dari medan ini adalah seimbang dengan arah jarum kompas yang diletakkan di dalam medan tersebut.

           Hasil penelitian dari Maxwell telah banyak menyatukan listrik statis dengan magnetisme, yang menghasilkan sekumpulan dari empat persamaan mengenai kedua medan tersebut. Namun, di bawah formula Maxwell, masih ada dua medan yang berbeda yang menjelaskan fenomena berbeda. Kemudian Albert Einstein yang berhasil menunjukan, dengan relativitas khusus, bahwa medan listrik dan medan magnet adalah dua aspek dari hal yang sama (tensor tingkat 2), dan seorang pengamat bisa merasakan gaya magnet di mana seorang pengamat bergerak hanya merasakan gaya elektrostatik. 

A. Tujuan Percobaan

1. Menunjukkan bahwa di sekitar arus listrik terdapat medan magnet.
2. Menentukan komponen horisontal medan magnet bumi.

B. Dasar Teori

Sebuah kawat lurus panjang tak-hingga yang dialiri arus listrik menimbulkan medan magnet di sekitarnya dengan garis-garis gaya membentuk lingkaran berpusat pada kawat.

Kuat medan magnet ini adalah sbb : (di dalam file download)

Dimana i adalah arus listrik yang melalui kawat dan r adalah jarak radial dari kawat tersebut. Sepanjang sebuah garis gaya yang melingkar itu harga absolut B tidak berubah, yang berubah hanya arahnya. Jika tepat di atas atau di bawah kawat berarus diletakkan sebuah jarum kompas maka arah jarum kompas tersebut akan menyimpang sesuai dengan arah resultan antara B dan komponen horisontal medan magnet bumi (Bb). Dengan demikian besar Bb dapat ditentukan dengan mengukur sudut penyimpangan jarum kompas tersebut. Secara geometrik berlaku:

B/Bb = tan θ
Gerak mengorbit dan gerak spin elektron dalam atom menimbulkan medan magnet. Kombinasi kedua medan magnet bisa saling menguatkan atau saling melemahkan dan menghasilkan medan magnet atom.

bila ingin melihat lebih lanjut DOWNLOAD file yang di bawah ini..... :)
Logo Design by FlamingText.com

note : bila linknya mati sob jgn lpa komentar,a ia :)
Berita Terlaris :

Terlaris:

Ini Kode Smiley Untuk Komentar Blogger Ya Sob Bukan Facebook


:a :b :c :d :e :f :g :h :i :j :k :l :m :n :o :p :q :r :s :t

0 Response to "Laporan Medan Magnet"

Post a Comment

Luangkan Waktu Sobat Untuk Mengisi Kotak Komentar Di Bawah Ini Agar Blog Ini Terus Maju :D
========
[-]No Spam
[-]No Sara
[-]No Porn
=========
[c] Admin Pujangga